Fun With Math

Hari kamis ini siswa belajar tentang penyajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang. Sebelum masuk pada materi penyajian data mengulas terlebih dahulu materi sebelumnya yaitu mencari simpangan rata-rata, ragam dan simpangan baku. Alhamdulillah hari ini kamis tanggal 4 Agustus 2017 siswa dan siswi antusias dalam belajar sehingga materi yang sebelumnya dapat dikuasai oleh siswa.

Siswa mencari data dan memastikan ukuran sepatu siswa kelas X Pakistan

Siswa bekerja sama memecahkan masalah dari data yang diperoleh

Jawaban kelompok Ilyas, Umar, Fida dan Nada

Penyajian data dalam bentuk digram garis, diagram batang dan diagram lingkaran sebelumnya sudah dipelajari pada jenjang Sekolah Menengah Pertama namun ada beberapa siswa yang tidak ingat bagaimana cara membuat diagram lingkaran. Untuk dapat membuat diagram lingkaran terlebih dahulu mencari sudut-sudut yang dicari dalam soal. Pada dasarnya untuk mengingatkan kembali tentang materi tersebut guru memberikan contoh data dan mengulasnya kembali kepada siswa bagaimana cara mencari sudut yang ada pada digram lingkaran dan bagaimana cara menggambar pada diagram lingkaran, diagram garis dan diagram batang. Setelah guru mengajarkan tentang diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran guru memberikan tugas kepada siswa secara berkelompok untuk mendata nomor sepatu siswa siswi Fajar Hidayah pada kelas X Singapore, X Pakistan, XI Malaysia dan  XI Brunei serta dari data tersebut mencari mean, median, modus, kuartil, simpangan rata-rata, simpangan baku, ragam, diagram batang, digram garis, dan diagram lingkarannya.

Siswa cukup antusias dalam mengerjakannya. Satu persatu kelompok mewawancarai siswa dan siswa pada kelas X Singapore, X Pakistan, XI Malaysia dan  XI Brunei. Setelah beberapa menit data terkumpul dengan cepatnya, mereka langsung mengerjakan dan membagi pekerjaan bersama-bersama dalam satu kelompok. Alhamdulillah target agar siswa dapat mengerjakan dan memahami materi tentang penyajian data dan ukuran penyebaran data terpenuhi walaupun dari hasil siswa ada beberapa yang kurang tepat dalam menghitungnya. Dengan belajar dan mencari sendiri dari apa yang tersedia dilingkungan siswa berada siswa lebih antusias dalam belajar serta menjawabnya dibandingkan guru menyediakan data sendiri kemudian siswa menjawab dengan data yang guru kasih itu hasilnya dan semngatnya sangat berbeda.

Belajar mencari dan menemukan hasil sendiri lebih bermakna dan lebih menambah rasa keingintahuan siswa. Saling berkomunikasi dan bekerjasama dalam memecahkan masalah dan mencari data sangat dibutuhkan dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh guru. Jawaban yang dihasilkan oleh siswa sangat bervariasi dalam mengerjakan masalah yang diajukan. Mereka menjawab dan menuliskan jawaban tersebut runtun sesuai dengan yang diajarkan oleh guru. Tetap semangat siswa siswi kelas XI Brunei.

by Eve, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *