Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Fajar Hidayah Kota Wisata

Sekolah adalah satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat dalam bentuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, sekolah pada jalur pendidikan khusus, termasuk satuan pendidikan kerja sama. bahwa dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah diperlukan pengenalan lingkungan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. Dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.

Tiap jenjang pendidikan mempunyai ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Hal ini menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang berkembang di jenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan diganti dengan cara belajar yang baru sesuai dengan mental psikologis anak didik. Untuk mengantar siswa ke jenjang pendidikan baru, perlu adanya pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan yang disebut Masa Pengenalan Linkungan Sekolah (MPLS). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah diadakan untuk menjembatani siswa baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik berupa lingkungan fisik, lingkungan social maupun isi dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.

Di samping memperkenalkan lingkungan sosial (para guru dan siswa senior/Family Council). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah juga ditujukan untuk memperkenalkan berbagai cara belajar yang baru. Oleh sebab itu kegiatan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memperkenalkan lingkungan, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan masyarakat sekitarnya.

Fungsi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan siswa sebagai warga sekolah yang baik melalui pengenalan sekolah dan lingkungannya, serta peraturan yang berlaku di sekolah. Selanjutnya diharapkan siswa dapat bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai luhur, dan dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik.
  2. Meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam mendukung terwujudnya sekolah sebagai lingkungan pendidikan, yakni sebagai tempat proses pembudayaan kehidupan, meningkatkan dan melaksanakan prinsip-prinsip 10 K dan 6 S.

10 K :

  1. Kesalehan
  2. Kebersihan
  3. Kedisiplinan
  4. Kerapian
  5. Keamanan
  6. Kenyamanan
  7. Keasrian dan Keindahan
  8. Ketertiban
  9. Kebersamaan
  10. Kepedulian

6 S :

  1. Senyum
  2. Sapa
  3. Salam
  4. Sopan
  5. Santun
  6. Syukron

Dengan menjalankan hal tersebut  siswa dapat terbentuk karakternya dan sehingga memiliki rasa bangga dan senang menjaga nama baik sekolahnya.

Sasaran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah Siswa baru Kelas 7 SMP Fajar Hidayah Kota Wisata dengan mengikut sertakan family council, guru dan karyawan sekolah sebagai pembina atau pelaksana kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Berikut beberapa contoh variasi kegiatan yang dapat kami lakukan selama MPLS pada tanggal 17 – 21 Juli 2017 :

  1. Sholat Berjamaah dan Tilawah

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesalehan siswa.

2.  Baris Berbaris

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerapian dan ketertiban siswa.

3.  Peduli Lingkungan

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kebersihan, kenyamanan, keasrian, keindahan lingkungan sekolah  dan juga dapat meningkatkan kepedulian siswa

4.  Out Bound

Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar siswa dan juga keamanan dalam permainan tersebut serta untuk pengembangan aspek fisik dan psikomotor siswa sekaligus mengasah kecerdasan emosi dan sosial siswa.

 

Melalui kegiatan MPLS yang menyenangkan dan sarat akan makna semoga menjadikan siswa yang berkarakter dan menghasilkan generasi Robbani dan memberikan kesan yang istimewa bagi anak didik kita

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *