Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Ajang Pembuktian Prestasi Siswa SD

dalam Bidang Seni

 

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai salah satu ajang untuk pembuktian prestasi siswa SD dalam bidang seni.

Dengan tema Kecintaan terhadap Seni dan Budaya Bangsa, Menguatkan karakter, Mengunggah Daya Cipta, Membentuk Kelembutan Hati, FLS2N Tingkat Kabupaten Bekasi kali ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 April 2017 dan bertempat di SDN Karangmulya 1, Kecamatan Bojongmangu. Salah satu SD yang berlokasi di ujung selatan Kabupaten Bekasi, dengan jarak tempuh sekitar 60 menit dari Kota Deltamas Cikarang Pusat.

Kegiatan diikuti oleh para peserta yang merupakan utusan atau perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Bekasi.  Mereka terlihat sangat antusias untuk mengikuti perlombaan.

Sebelum lomba dimulai, kegiatan diawali  dengan penyambutan Kepala

Disdik Kabupaten Bekasi beserta rombongan, dalam upacara adat sunda, diiringi dengan alunan sajak dan lagu berbahasa sunda, serta tarian yang dibawakan oleh 2 putri, 1 putra pembawa payung, serta 1 putra yang berperan sebagai pembimbing langkah.

Setelah upacara penyambutan, acara selanjutnya adalah upacara pembukaan,

yang dihadiri oleh kontingen masing-masing kecamatan, para pendamping peserta lomba, serta  para pengawas pembina di Kabupaten Bekasi. Dalam upacara ada performance lagu yang lebih dikenal dengan Rampak Sekar, yang dipersembahkan oleh  guru-guru di kecamatan Bojongmangu.

Upacara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong telah usai,  selanjutnya adalah pelaksanaan berbagai macam lomba.  Lomba yang benar-benar dapat dijadikan sebagai ajang pembuktian prestasi siswa dalam berbagai bidang seni.

Aneka lomba untuk siswa yang diadakan dalam FLS2N kali ini meliputi tari kreasi baru, menyanyikan lagu daerah, pantomim, melukis, gambar bercerita, pidato, puisi, dan seni kriya anyaman.

Dalam Lomba seni kriya anyaman, siswa harus berkreasi membuat salah satu hasil    karya     yang

berupa anyaman. Bahan yang digunakan, diantaranya rotan, bilah bambu, tali rafia, koran yang sudah dipilin, serta bungkus permen maupun bungkus minuman kemasan.

Dalam Lomba pantomim, siswa harus mampu berkreasi menyatukan gerakan dengan musik pengiring, sehingga dapat tersaji sebuah cerita yang runut meski tanpa kata.

Dalam lomba tari kreasi baru, dengan peserta 3 siswa dalam setiap grup, sudah pasti siswa juga dituntut dapat menyajikan sebuah tarian yang indah,  kompak dan selaras  dalam gerak dan irama.

Demikian juga dalam lomba yang lain, yang masing-masing menuntut kreativitas istimewa yang dimiliki oleh para siswa yang mengikutinya.

Dengan kegiatan perlombaan seni,  siswa dapat belajar  begitu banyak hal, selain yang pasti yaitu tumbuhnya kecintaan terhadap budaya bangsa, dapat  mengunggah daya cipta, serta, akan terbangun karakter yang salah satunya adalah memiliki kelembutan hati.

Asih Susanti, SE.

FH Deltamas/13042017

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *