Sunda Day

Keceriaan bernuansa daerah kembali terlihat di Fajar Hidayah Kota Wisata pada hari Jumat, 17 Februari 2017. Siswa hadir dengan  menggunakan pakaian adat daerah Sunda. Ya, hari ini diselenggarakan event Sunda Day yang diikuti oleh seluruh jenjang dari play group hingga SMA.

Bahasa Sunda merupakan pelajaran  Muatan Lokal (Mulok) wajib yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) no 69 tahun 2013 tentang pembelajaran mulok bahasa dan sastra daerah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Melalui event Sunda Day, pembelajaran bahasa Sunda dikemas dalam satu rangkaian kegiatan yang konkret. Tidak hanya menyentuh aspek bahasa, namun juga aspek budayanya.

Event adalah bagian dari proses pembelajaran di Fajar Hidayah. Siswa secara langsung mempraktekkan pemahaman pelajaran Bahasa Sunda secara kreatif dan menyenangkan. Orang tua pun terlibat  memeriahkan event sebagai bentuk support kepada putra-putrinya.

Setiap kelas mengaktualisasikan dirinya dengan menampilkan berbagai pertunjukan seperti menyanyi, permainan daerah, dan pantun Sunda di panggung. Acara dilanjutkan di kelas masing-masing untuk mencicipi aneka hidangan Sunda hasil kreasi siswa bersama orang. Saling melengkapi dan saling berbagi mengajarkan siswa tentang kepedulian untuk memupuk kecerdasan sosial.

Pengenalan budaya daerah sebagai upaya kembali menumbuhkan kearifan lokal diharapkan menjadi salah satu benteng arus globalisasi yang masif mengikis nilai-nilai luhur karakter bangsa. Oleh karenanya event Sunda Day sudah menjadi ciri khas Fajar Hidayah dan diselenggarakan rutin setiap tahunnya. (fsh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *