Semangat Hijrah

Jumat, 22 September 2017 siswa dan guru Fajar Hidayah Kota Wisata mengadakan pawai Muharram mengelilingi sekolah dan komplek sekitar perumahan Kota Wisata. Pawai kami maknai sebagai syiar Islam sekaligus mentransformasi paradigma tentang perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.

Masing – masing diri kita tentunya memiliki latar belakang   untuk berhijrah, bisa karena pekerjaan, lingkungan,atau pendidikan, yang orientasinya adalah untuk lebih  mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman, “Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan jalan keluar yang banyak (atas urusan-urusan yang ia tinggalkan). Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah ke pada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah ditetapkan pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS an-Nisa [4]: 100)

Menjadi seorang guru, penulis merasa “everyday is a new day” karena setiap harinya kita menchallenge hal baru, mulai dari mendesain proses pembelajaran yang kreatif dan fun, menjaga agar suasana kelas kondusif dan nyaman , dan selalu siap untuk menjadi tempat curahan perasaan siswa.

Mendalami makna hijrah bagi seorang pendidik  salah satunya adalah dengan terus mengupgrade  4 kompetensi minimal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, yakni : profesional, sosial, kepribadian serta pedagogis. Melalui 4 kompetensi yang harus dicapai bermakna, untuk menjadi seorang guru, selain mengajar kita harus terus belajar. Mengembangkan potensi siswa juga potensi diri serta terus memperluas spektrum kebermanfaatan bagi orang lain.

Berhijrah menuju kebaikan secara berkesinambungan demi mendidik tunas bangsa mencapai keberhasilan adalah tugas mulia bagi para pengemban amanah.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *