Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Selasa – Rabu, 18-19 September 2017 siswa SMP dan SMA mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Gadog, Puncak, Jawa Barat. LDK diikuti oleh siswa kelas 7, 10 serta siswa baru yang belum mengikuti LDK.

Kegembiraan diiringi gelak tawa siswa menyambut kehadiran penulis ke lokasi LDK.  Rupanya sedang berlangsung games kompetisi  mencari koin di dasar kolam dan mengisi air di pipa berlubang secara beregu. Kerja sama dan kekompakan tim diuji disini, untuk mau merendahkan ego, meninggikan pengorbanan demi mencapai tujuan bersama.

Setelah shalat Maghrib peserta menyimak materi kepemimpinan yang disampaikan Pak Saefullah kemudian dilanjutkan dengan shalat Isya. Setelah shalat Isya, penulis berkesempatan menyampaikan materi tentang lanjutan kepemimpinan.

Menampilkan figure pemimpin dunia, seperti Erdogan, Nelson Mandela dan Muhammad Al Fatih cukup memberikan contoh sebagai pemimpin yang layak ditiru. Keberanian, kebijaksanaan, rela berkorban dan sikap pantang menyerah adalah karakter yang melekat pada diri seorang pemimpin. Menjadi seorang pemimpin tak perlu menunggu tua. Seperti Al Fatih yang mampu menaklukkan Konstantinopel dalam usia yang masih sangat muda.

Karakter pemimpin perlu dbangun pada diri siswa sejak usia dini.  Berkarakter pemimpin ibarat memiliki pondasi yang kokoh, tak mudah goyah oleh hantaman badai sekalipun. Menanamkan  prinsip hidup adalah bekal utama agar tak mudah mengikuti arus modernisasi dan globalisasi yang belum tentu memberikan manfaat dan mengandung nilai kebenaran.

Rangkaian kegiatan LDK mengupayakan siswa untuk percaya diri, komunikatif, pandai bersosialisasi serta mampu mengelola emosi sebagai pengembangan soft skill yang akan sangat diperlukan untuk terjun ke masyarakat nantinya.

Kita diharapkan mampu membaca tantangan yang akan dihadapi oleh para tunas bangsa di masa mendatang. Bimbingan dan arahan yang kita berikan untuk mereka (baca : siswa) sebagai generasi masa depan seyogyanya sesuai dengan era yang akan mereka hadapi. Seperti yang dikatakan Ali bin Abi Thalib RA : “Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, karena ia hidup di jaman yang berbeda dengan jamanmu”. Berkarakter pemimpin adalah pijakan utama untuk menapaki tangga kesuksesan .***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *